MA Tarbiyatut Tholabah

MATABAH.COM : Home » Berita

Berita

Seleksi Olimpiade Mata Pelajaran MA se Induk KKM Tarbiyatut Tholabah

Seleksi Olimpiade Mata Pelajaran MA se Induk KKM Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran Lamongan besuk pada :

Hari : Jum'at
Tanggal : 21 Oktober 2011
Pukul : 07.00 WIB - selesai
Tempat : AULA PP Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran Lamongan

Seleksi Olimpiade Mata Pelajaran meliputi Bidang:
1. Fisika
2. Bioologi
3. Ekonomi
4. Geografi
5. Bahasa Arab
6. Bahasa Inggris
7. Tehnologi Informatika.

Bagi pemenang Juara I masing-masing Mata Pelajaran akan dikirim ke Olimpiade tingkat Provinsi Jawa Timur mewakili Induk KKM Madrasah Aliyah Tarbiyatut Tholabah pada Bulan November 2011

 

 

 

 

 

 

Tips Memilih Perguruan Tinggi

Menentukan Pilihan Universitas untuk melanjutkan ke Perguruan tinggi selepas menamatkan sekolah menengah umum (SMU) atau Sekolah Teknik Menengah (STM) adalah gampang-gampang sulit. Bagaimana tidak, sekarang ini telah banyak kampus-kampus yang menawarkan jasa pendidikan dengan beragam pilihan yang tersedia. Sebelum anda memilih salah satu dari Universitas tersebut ada baiknya jika anda mempertimbangkan tips memilih universitas ini sebagai bahan reverensi anda nantinya. Berikut sedikit Tips dalam memilih universitas :


1. Faktor dari diri sendiri
a. Minat
Faktor minat merupakan faktor utama yang harus anda ketahui sebelum memilih sebuah universitas, karena faktor ini merupakan pemicu untuk menyelesaikan studimu. Tentunya akan menjadi beban bagi anda untuk pergi ke kampus jika minat anda untuk kuliah memang tidak ada. Karena tidak mungkin anda akan menyelesaikan studi hanya dengan dorongan dari orang tua saja.
b. Biaya
Faktor biaya merupakan alasan terbesar mengapa banyak orang yang tidak bisa melanjutkan pendidikannya di bangku kuliah. Karena selama kuliah pastinya orang tua kita akan lebih banyak mengeluarkan uang untuk biaya-biaya yang menunjang pendidikan anda. Jadi jangan pernah sia-siakan kerja keras dan jerih payah orang tua kita.

a. Reputasi Kampus
Perusahaan tentunya lebih memilih calon karyawan yang merupakan alumnus dari Universitas yang memiliki reputasi baik. Dan tentunya akan menjadi kebanggaan tersendiri jika kita menjadi alumnus kampus yang mempunyai reputasi baik bukan ?

b. Prospek Masa Depan
Nilailah jurusan yang anda pilih, apakah prospek kedepannya bagus , terserap oleh dunia kerja atau membantu anda menjadi wiraswasta. Perhitungkan dengan matang mulai dari sekarang.

c. Akreditasi
Pastikan Universitas yang anda pilih memiliki Akreditasi, status akreditasi ini menentukan kemandirian program studi dalam melaksanakan program belajar mengajar. Status akreditasi diberikan untuk program studi yang diselenggarakan

d. Fasilitas Pendidikan
Pastikan bahwa universitas yang anda pilih memiliki fasilitas penunjang pendidikan, seperti laboratorium, ruang internet, perpustakaan dll

e. Link atau Kerja sama
Sekarang ini sudah banyak perusahaan-perusahaan yang bergandeng tangan dengan Universitas untuk menjaring Sumber daya manusia yang siap pakai. Tentunya akan lebih memudahkan anda untuk mendapatkan kerja jika kampus yang anda masuki memiliki kerja sama dengan perusahaan yang mungkin anda impikan.
Selain faktor-faktor diatas, masih banyak faktor lainnya yang bisa anda nilai sendiri dalam memilih universitas yang akan anda masuki. Sebagai sumber daya manusia yang akan menjadi penerus bangsa kita harus pandai memilah-milah sesuai dengan kebutuhan kita tanpa harus mengorbankan hal-hal yang mungkin lebih bermanfaat buat anda dan menyaring informasi yang anda dapatkan dari berbagai media dan sudut pandang dari orang-orang terdekat anda. Semoga bermanfaat dan selamat berjuang

 

 

 

 

Teknologi Absensi Sidik Jari & SMS Gateway di MA Tarbiyatut Tholabah

Pemanfaatan teknologi di sekolah merupakan suatu keharusan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). ”Bicara mengenai Pemanfaatan Teknologi di Sekolah, tentu sekolah sangat membutuhkan teknologi. Karena perkembangan teknologi yang semakin canggih, membuat kita harus selalu mengikuti perkembangan, atau kalau tidak kita akan ketinggalan di era globalisasi ini, ” jelas bapak Ahmad Mukhtar Djabir, S.Pd. selaku Kepala MA Tarbiyatut Tholabah.
Salah satu teknologi yang sangat dekat dengan sekolah, khususnya pelajar, yaitu Teknologi Absensi Sidik Jari. Suatu Aplikasi Pencatatan Kehadiran siswa menggunakan sidik jari siswa dengan berbasis online yang biasa di akses lewat internet. Aplikasi ini dibuat untuk mengurangi bahkan menghilangkan adanya manipulasi data kehadiran oleh siswa. “Data yang terekam dalam mesin sidik jari secara outomatis masuk data base sekolah dan dapat di akses melalui internet, sehingga memudahkan wali kelas, BP dan bagian kesiswaan seandainya ada siswa yang bermasalah karena akumulasi ketidakhadirannya dapat terdeteksi sejak dini dan diberikan solusi yang terbaik,” papar Bapak Suroso, Koordinator bagian teknik absensi sidik jari. Hal ini dikarenakan sidik jari merupakan salah satu bagian unik dari manusia, sidik jari siswa yang satu akan berbeda dengan sidik jari siswa yang lain. Aplikasi pencatatan kehadiran siswa menggunakan sidik jari dapat meningkatkan keakuratan data kehadiran karena sidik jari siswa tidak mungkin dititipkan pada siswa lain. Maka mulai tahun pelajaran 2010/2011 di MA Tarbiyatut Tholabah telah dikembangkan teknologi absensi sidik jari kepada seluruh siswa-siswi yang berjumlah hampir 1000-an siswa setiap pagi dan siang.

“Alhamdullillah, berkat absensi sidik jari siswa MA Tarbiyatut Tholabah tingkat kedisiplinannya meningkat, hal ini dibuktikan teman-teman kami yang di pondok pagi buta sehabis tidur mereka pada berebut mandi dan aktifitas lainnya berharap agar jam 06.45 sudah siap antri absensi sidik jari dan mengikuti rutinitas Kegiatan Belajar Mengajar,” papar Veni selaku ketua OSIS putri MA.

Selain penggunaan absensi sidik jari siswa di MA Tarbiyatut Tholabah dikembangkan SMS Gateway. SMS Gateway adalah solusi total untuk sistem absensi yang diterapkan di sekolah dalam pencatatan kehadiran siswa-siswi dengan sistem real time dan terintegrasi kepada orang tua siswa. SMS Gateway yakni software yang dirancang khusus bagi madrasah untuk mengirim SMS (Short Message Service) kepada orang tua murid ketika anaknya melakukan absensi disekolah ataupun jika anaknya bolos sekolah dan telat hadir di sekolah. Dengan sistem ini maka madrasah dapat memberikan nilai lebih bagi para orang tua dalam hal mengontrol anak mereka dan para orang tua murid dapat memantau kehadiran putra-putrinya, sehingga diharapkan terjalin hubungan silturrohim yang online antara madrasah dengan orang tua siswa. Tentang pelaksanaan SMS kepada orang tua dalam sehari ada 2 kali SMS yakni pagi dan pulang sesuai dengan pelaksanaan Absensi sidik jari itu sendiri yakni Pagi : pukul 06.40 – 07.10, dan pulang sekolah : pukul 13.00-13.20.

“ Diharapkan melalui Teknologi Absensi Sidik Jari dan SMS Gateway ini bagi siswa-siswi dapat meningkatkan keaktifan, kedisiplinan, prestasi, akhlakul karimah dan tentu saja ilmu yang bermanfaat. Bagi madrasah dengan wali murid terjalin hubungan silaturrohim secara on line,” kata bapak kepala madrasah dalam sambutannya Grand Lounching Absensi sidik jari di halaman MA Tarbiyatut Tholabah. (am wartawan warta)

 

 

 

 

Awal  < 7 8 9 10 11 >